twitter
    Hey, jadilah temanku :)

Senin, 20 Agustus 2012

Minotaur

     Kalau anda pernah main game Hercules versi PS 1, maka anda akan menemukan sosok mengerikan ini di sebuah istana labirin setelah mengarungi laut luas. Jujur, saya paling deg-degan kalau disuruh melawan Minotaur dalam game tersebut. Selain karena dia sering menghilang lalu menyerang tiba-tiba dengan kapaknya, istana tempat Minotaur dikurung tersebut memiliki banyak jebakan. Gelap lagi. Plus, kalau nggak biasa main, bisa-bisa kita tersesat di labirinnya. Ya, dalam urban legend Yunani, Minotaur memang hidup di labirin. Hal tersebut diakibatkan lantaran Minotaur merupakan monster ganas yang konon bisa memakan manusia. Daedalos, seorang arsitek membuatkannya sebuah istana labirin dan mengurung banteng berkepala manusia ini di dalamnya. Untuk menenangkan Minotaur, penduduk Athena harus mengirimkan tumbal berupa 7 orang pemuda dan 7 orang gadis di setiap tahunnya.

     Minotaur sendiri lahir akibat hubungan terlarang antara Pasiphae menantu Dewa Zeus dengan banteng dari laut yang bernama The Creatan Bull. Tentunya, Pasiphae tak serta-merta jatuh cinta pada seekor banteng hingga kejadian terlarang itu terjadi.

     Hal tersebut bermula dari suami Pasiphae, Minos yang berjanji pada Dewa Poseidon untuk mengirimkan seekor banteng putih. Namun, Minos justru menyukai banteng yang akan dia jadikan persembahan tersebut. Karena itulah dia menggantikan banteng tersebut dengan banteng yang lain. Mengetahui kejadian tersebut, Poseidon marah. Ia mengutuk Minos dengan cara memerintahkan Dewi Cinta Aphrodite untuk membuat Pasiphae jatuh hati pada seekor banteng.

      Dalam folktale, Minotaur mati karena dibunuh oleh Thesus dan Ariadne, sesosok pemuda dan seorang putri raja, yang menyamar sebagai tumbal. Thesus membunuh Minotaur dengan pedang yang diberikan oleh Ariadne. Taktik mereka dalam mengalahkan makhluk menyeramkan ini adalah dengan benang yang Thesus sebar di setiap jalan yang ia lalui, dan Ariadne akan memegang pucuk benangnya. Hal itu mereka lakukan agar mereka tidak tersesat dalam labirin

Dan ini tambahan artikel tentang MINOTAUR dalam versi lain
    
     Dalam mitologi Yunani, Minotaur (bahasa Yunani: Μινόταυρος, Minótauros) adalah monster berbentuk manusia yang berkepala banteng. Wujudnya ini adalah akibat dari kutukan atas Minos, Raja Kreta. Karena banteng yang harus dia berikan kepada Dewa Poseidon, ia sembunyikan sehingga Poseidon menjatuhkan kutukan kepada istri Minos. Istri Minos, Pasifae, dibuat jatuh cinta kepada banteng tersebut. Dengan meminta bantuan dari Daidalos, Pasifae meminta dibuatkan tiruan banteng betina.

     Dia kemudian masuk ke dalam banteng tiruan, untuk bercinta dengan banteng tersebut. Maka Pasifae mengandung bayi dari hubungannya dengan banteng tersebut, yaitu Minotaur. Monster ini tinggal di tengah labirin yang rumit yang dirancang oleh arsitek Daidalos untuk menyimpan sang Minotaur.
   
    Setiap tahun, penduduk kota Athena harus mengirim tujuh pemuda dan tujuh gadis sebagai korban supaya tidak diserang oleh Kreta. Monster ini akhirnya dibunuh oleh Theseus, pahlawan Yunani yang menyamar menjadi salah satu korban. Sebelumnya, Thesus dibantu oleh Ariadne, putri Raja Kreta, yang memberinya pedang dan segulung benang. Thesus menggunakan benang itu untuk menyelusuri kembali jejaknya supaya bisa keluar dari dalam labirin yang rumit dan menggunakan pedangnya untuk membunuh Minotaur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar