twitter
    Hey, jadilah temanku :)

Minggu, 19 Agustus 2012

Cerberus

     Cerberus atau Kerberus (Yunani: Κέρβερος, Kerberos, "iblis dari liang") adalah makhluk dari mitologi Yunani, adalah hewan peliharaan Hades.

     Cerberus dikatakan saudara kandung dari Hydra Lernaean, Lion Nemea, Sphinx, Ladon, dan Chimera.

Cerberus digambarkan sebagai anjing berkepala tiga yang mampu menyemburkan api. Awalnya Ia hanyalah seekor anjing kecil yang lucu namun ketika ia besar menjadi berkepala tiga dan mampu menyemburkan api.

     
     Cerberus adalah keturunan Moncong (Echidna), seorang wanita hibrida dan setengah-dewi setengah-ular, dan Typhon, raksasa bernapas api yang bahkan ditakuti oleh para dewa Olimpia.
 
     Di dalam beberapa karya, tiga dari masing-masing kepala Cerberus melihat dan mewakili masa lalu, sekarang, dan masa depan. Sedangkan menurut karya lainnya mengatakan kepala-kepala itu merupakan kelahiran, pemuda, dan usia tua.

     Masing-masing dari kepala Cerberus dikatakan memiliki nafsu makan daging hanya untuk hidup, dengan demikian memungkinkan roh-roh orang mati untuk bebas masuk neraka, tetapi tidak memungkinkan untuk pergi.
 
    Pada kisah Hercules (Heracles), Cerberus merupakan salah satu tokoh dalam kisah yunani kuno, yaitu sebagai salah satu tantangan terakhir dari Hera dalam"Dua Belas Tugas" (Twelve Olympians), menangkap Cerberus hidup-hidup, tanpa menggunakan senjata.

     Cerberus merupakan penguasa dunia arwah. Tujuanya untuk menjaga agar tidak ada arwah yang melarikan diri dari dunia arwah. Cerberus juga mempunyai kemampuan melacak dan menemukan arwah-arwah yang melarikan diri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar